Footer

Selamat datang di blog pribadi,blog yang selalu mencari jalan kebenaran,yang selalu mencarinya dari al-quran

SlideShow


ShoutMix chat widget
Bookmark and Share
2

Pesan-pesan Nabi Muhammad SAW Sebelum Wafat

Menurut sebuah hadist yang diriwayatkan Zaiz bin Arqam,Nabi Muhammad SAW. Dan sahabatnya setelah pulang dari Haji Wada’ beristirahat disebuah tempat yang bernama Ghadir Khum. Ditempat trsebut, Nabi Muhammad SAW berpesan yang diantaranya memerintahkan agar kita tetap berpegang teguh pada kitab Allah SWT,Sunnah Rasul,dan memelihara Shalat.

1.Kitabullah
Kitabullah (al-qur’an) adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw,gunanya sebagai petunjuk bagi manusia yang menginginkan kebahagiaan didunia dan akhirat.
Al-qur’an selain berisi ketauhidan dan juga berisi tentang hokum islam,politik,sosial,kemanusiaan,dan hal-hal yang penting lainnya untuk pedoman hidup manusia.

2.Sunnah Rasul saw
Sunnah Rasul kadang juga disebut dengan Hadist,sunnah Rasul berfungsi sebagai penjelas al-qur’an. Artinya,apabila dalam Al-qur’an ada keterangan yang kurang jelas maka sunnah rasul menjelaskannya.

3.Memelhara Shalat
Shalat adalah fardu ‘ain bagi setiap muslim.fardu ‘ain artinya kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap orang. Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting. Banyak sekali hadist yang menerangkan tentang keluhuran kedudukan SAhalat. Diantaranya sebuah hadist yang diriwayatkan oleh ahmad dari Abdullah bin Amr yang terjemahannya seperti berikut ini;
“Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi saw,dan bertanya tenteng amal yang paling utama.
Nabi menjawab ; “Shalat!”

Dia bertanya lagi ; “Lalu apa?”

Nabi menjawab ; “Shalat!”

Dia bertanya lagi ; “Lalu apa?”

Nabi menjawab ; “Shalat,kemudian berjihad dijalan Allah!”

Shalat adalah amalan pertama yang akan ditanyakan pada hari kiamat. Jika Shalatnya diterima maka amalan ibadah yag lainnya diterima,akan tetapi jika amalan shalatnya tidak diterima maka amalan ibadah yang lainpun akan gugur.
Nabi Muhamad menjelaskan bahwa shalat merupakan antara islam dan kafir,Nabi Muhammad saw bersabda;
Yang artinya;
“Perbedaan antara lelaki muslim dan seseorang adalah meninggalkan shalat,”

Dengan demikian,kita wajib menjadikan Shalat sebagai pedoman hidup.kita juga wajib menjadikan shalat sebagai amalan ibadah yang paling utama yang senantiasa kita pelihara dalam mendirikannya.

2 komentar:

Bloger
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bloger

Izin sharing bung, artikelnya bagus buat di baca sama teman-teman

Posting Komentar

Visitor

free counters

Followers

Site Info